Ada Apa Sih Di Desa Terakhir Deli Serdang?

Ada apa sih di desa terakhir deli serdang? yap lau mentayau adalah destinasi sungai yang dibalut hutan tropis di deli serdang sumatera utara. destinasi ini cukup lumayan jauh dari kota medan ditempuh sekitar 3jam. Untuk menuju destinasi ini kita pertama mengambil arah menuju Deli tua -> STM Hilir -> Tiga Juhar -> Desa Rumah Liang. bagi yang kurang ngerti mungkin bila pernah ke danau linting kamu tinggal terus aja nanti kamu ketemu sama jembatan lau hulu dan tinggal terus aja nnti jumpa desa rumah liang tinggal masuk aja lebih kurang 30menit sampai ke destinasi sungainya (belum termasuk tracking 1 jam disungai),

Sebelum sampai ke lau Mentayau kamu bisa menikmati panorama hutan deli serdang yang sangat cantik memanjakan mata.

Akses jalan dari desa rumah liang menuju lokasi cukup parah bahkan kita dipusingkan dengan batu-batu jalan yang sangat banyak tetapi nanti pasti terbayarkan saat kamu sudah sampai disana tetapi sebelum menuju destinasi kamu harus tracking 1jam lebih kurang menyusuri sungai jadi belom sampai disitu hehehe.
Pada saat mau tracking diwajibkan membawa barang yang seperlunya saja pasti nnti kamu bakal basah-basahan (kamera sama hp jangan lupa) tetapi alangkah baiknya kamu menggunakan dry bag agar semua barang yang dibawa tidak basah.


Destinasi pertama kita mendapatkan yang namanya lembah mujur, Ini adalah destinasi masuk dalam kategori wahana air kamu bisa main prosotan dan diakhirin dengan kolam berwarna tosca yang dalamnya seleher orang dewasa tenang aja kok dasarnya sungai itu sejenis batu kapur jadi aman untuk main prosotan hehe.

Selesai dari lembah mujur kamu bisa menikmati yang namanya air terjun mentayau tapi kita harus tracking lagi ya siapkan mental dan fisik jika berkunjung kesini.


Kita melanjutkan lagi menuju air terjun mentayau tapi kita harus tracking lagi ya setidaknya setengah jam lebih lagilah tapi tetep main air, yang gak pernah tracking di sungai memang rada sebal soalnya memang agak sulit medannya tapi harus berhati-hati juga soalnya ada tumbuhan yang bisa membuat gatal bila kita tersentuh.

 Di tengah perjalanan menuju air terjun mentayau kamu bisa beristirahat sejenak melepaskan kelelahan.




Yap, dan akhirnya kita sampai di destinasi kedua atau terakhir, inilah air terjun lau mentayau yang kedalaman airnya cukup dalam dan selalu hati-hati saat berenang jadi ingin cliffjump bole tapi kalo berenang belum lihay mending urungkan niat untuk cliffjump.